Seputar-Pasuruan -
Badan besar tenaga menggila Motto ini rasanya cocok disematkan pada Toyota Fortuner VN Turbo 2.5 M/T TRD Sportivo yang sejak Agustus 2012 lalu diluncurkan ke pasaran ini. Trobosan cemerlang yang dilakukan oleh Toyota terhadap si bongsor Fortuner memang patut diacungi jempol. Hal ini dilakukan sebagai solusi dari banyaknya keluhan yang menganggap bahwa Fortuner dengan desain bodi besarnya ternyata minim dengan tenaga alias tak berimbang. Oleh karena itu pengembangan dilakukan pada mesin diesel Fortuner dengan menyematkan teknologi Variable Nozzle Turbocharger (VNT) lengkap dengan Intercooler-nya.
Apakah anda ingin tahu kinerja dan perubahan lebihnya, simak tulisan ini selengkapnya.
Dalam hal perubahan desain tidak banyak dibicarakan karena hampir tidak perubahan yang terjadi antara Toyota Fortuner TRD Diesel lawas dengan Toyota Fortuner TRD Diesel VN Turbo saat ini. Namun demikian ada perubahan sedikit yaitu tepat dibagian engine hood, Toyota Fortuner VN Turbo dilengkapi dengan air scoop yang berfungsi sebagai aliran udara ke dalam intercooler yang juga sekaligus sebagai pembedanya dengan dsematkannya emblem VN Turbo di bawah stop lamp.
Dalam hal urusan interior juga tidak banyak perubahan dibandingkan dengan versi lawas. Balutan jok masih dilapis dengan motif two-tone serta dasboard juga masih didomiasi warna hitam yang sarat dengan sisi hiburan dari perangkat audio yang juga berfugsi sebagai GPS dan layar LCD rear parking. Anda dijamin cukup nyaman berkendara ataupun menjadi penumpang si “bongsor” ini.
Mengenai mesin juga tetap mengusung jenis mesin 2KD-FTV IL-16Katup-DOHC-D4D berkapasitas 2.494. Tetapi kali ini Toyota melengkapinya dengan teknologi VN Turbo dan Intercooler yang mampu mendongkrak tenaga dan torsi dari si “bongsor” Toyota Fortuner menjadi lebih buas dan bertenaga.
Toyota mengklaim bahwa tenaga Fortuner VN Turbo dapat menaikkan tenaga hingga 40 tenaga kuda, putaran tenaga yang dihasilkan melonjak menjadi 144 PS/3.400 rpm dari versi lawasnya yang hanya 102 PS/3.600 rpm, begitu juga dengan luapan torsinya yang meningkat menjadi 35 kgm/1.600-2.800 rpm dari 26.5 kgm/1.600 - 2.400 rpm. "Adanya Variable Nozzle Turbocharger cukup membantu dalam mengakomodir tenaga di putaran bawah sedangakan Intercooler membantu pada putaran atasnya,"
Di putaran rendah dimana tekanan gas buang masih lemah inovasi teknologi VN Turbo mulai bekerja. Sedikit berbeda dengan turbo biasa, karena turbin dilengkapi dengan nozzel (baling-baling) yang dapat mengatur sudut bukaan secara elektronik sesuai dengan putaran kinerja mesin. Maka pada putaran rendah sudut ditutup sehingga membuat gas buang mengalir kearea yang sempit dan secara otomatis mampu meningkatkan tekanan dan memaksa turbin bekerja secara efektif dan membuat kompressor bekerja sejak berada pada putaran bawah.
"Gambarannya seperti seperti selang air, bila dibiarkan begitu saja tentu akan mengalir biasa saja, namun ketika ujung selangnya ditekan secara otomatis air akan menyembur lebih jauh," meski masih berada diputaran rendah namun torsi sudah dapat di raih saat jarun rpm berada di putaran 1.600-2.800 rpm. Bahkan untuk melibas jalur wisata yang berupa tanjakan menuju suatu kawasan wisata, Anda masih bisa bersantai sambil menikmati pemandangan sekitar. Tenaga yang dihasilkan di tiap perpindahan gigi makin terasa dan terus bertambah tanpa ada efek drop atau 'lag' dan disinilah fungsi dari intercooler bekerja. Karena turbo terkait erat dengan aliran gas buang yang panas saat putaran tinggi maka suhu udara yang terhisap akan ikut meningkat pula, untuk mencegah molekul aliran udara yang mulai memanas dan memiliki kerengangan molekul udara maka tepat di antara turbo dan intake manifold dijaga oleh Intercooler untuk menstabilkan atau mendinginkan udara yang masuk sehingga memiliki molekul udara yang padat. Tak perlu pusing dengan bagaimana cara mendinginkannya karena hal ini diperoleh dari hembusan udara luar saat kita berkendara yang masuk melalui lubang pada air scoop di kap mesin Fortuner VN Turbo.
Dari segi handling, rasanya tak ada yang berubah. Saat bermanuver cepat dengan posturnya yang tinggi dan besar membuat hukum fisika berlaku sehingga efek limbung pun terasa. Meski varian TRD telah menggunakan sokbreaker Double Wishbone with Coil Spring & stabilizer pada suspensi depan dan 4 Link with Lateral Rod dan Coil Spring dibagian belakang rasanya tetap saja tak membuat ubahan yang drastis ketika bermenuver, tapi ketika melintas dijalur lurus anda bisa rasakan sendiri perbedaanya.
Datang dengan pilihan 6 warna Toyota Fortuner VN Turbo Intercooler juga memiliki 4 tipe berbeda yakni, Fortuner 2.5 G M/T Diesel VN Turbo, Fortuner 2.5 G M/T TRD Diesel VN Turbo, Fortuner 2.5 G A/T Diesel VN Turbo dan yang tertinggi Fortuner G A/T TRD Diesel VNTurbo.
Perbedaan kinerja mesin diesel Grand New Fortuner dengan yang lama
Item
|
Mesin diesel dengan VNT
|
Mesin diesel dengan lama
|
Tipe
|
4-silinder, DOHC, 16 katup, VNT
|
4-silinder, DOHC, 16 katup
|
Kapasitas
|
2.494 cc
|
2.494 cc
|
Tenaga maks.kw (PS) @rpm
|
106 (144) @3.400
|
76 (102 PS)@3.600
|
Torsi maks. Nm (kgm@rpm)
|
343 (35) @1.600- 2.000
|
260(26,5) @1.600 – 2.400
|
Konsumsi bbm
|
10,8 kpl
|
11,2 kpl
|
Akselerasi 0-100 kpj
|
15,6 detik
|
20,9 detik
|
Keunggulan Toyota Fortuner Mobil ini mempunyai beberapa keunggulan yang membuat konsumen jatuh hati pada mobil ini, diantaranya :
- Mobil pabrikan Toyota yang sudah terkenal kualitasnya dan pastinya mempunyai nilai purna jual yang cukup tinggi.
- Desain mobil yang kokoh dan sporty sehingga secara tidak langsung bisa dijadikan trend fashion untuk otomotif.
- Bentuk bodi yang tinggi, bisa melindungi mobil dari air waktu musim hujan, dan pas untuk off road dengan medan yang cukup berat.
- Akomodasi yang bisa menampung banyak penumpang dan ruang bagasi yang longgar
- Fortuner SUV Terbaik
GRAND NEW FORTUNER VN Turbo
The World Is Mine
New Engine
2KD-FTV 2.5 Liter D-4D
Common Rail with VN Turbo (VNT) and Intercooler
http://www.toyota.astra.co.id
The World Is Mine
New Engine
2KD-FTV 2.5 Liter D-4D
Common Rail with VN Turbo (VNT) and Intercooler
http://www.toyota.astra.co.id
loading...