Kondisi Darurat Di Luar Kota

wista mobil hotel murah

Mengendarai mobil untuk jarak jauh atau keluar kota membutuhkan persiapan matang. Mulai dari servis berkala sampai pengecekan ringan setiap minggu. Meskipun demikian, ada kalanya mobil mengalami masalah sehingga tidak dapat melanjutkan perjalanan. Saat mengalami situasi darurat di luar kota, dimana posisi bengkel resmi jauh dari lokasi kejadian, sebagai pengendara kita harus tahu langkah-langkah yang sebaiknya dilakukan agar mendapatkan solusi yang tepat untuk mengatasi masalah pada mobil.

Tahapan-tahapan menyelesaikan masalah darurat pada mobil tentunya disesuaikan dengan kondisi yang terjadi pada mobil. Berikut kami uraikan kondisi yang mungkin terjadi pada mobil dan langkah-langkah apa yang sebaiknya Anda lakukan.

Booking hotel Domestik & langsung confirm.

Jika mobil mengalami kerusakan ringan atau sedang seperti pecah ban, aki/baterai lemah, atau remote tidak berfungsi, cobalah memperbaikinya sendiri. Sebelumnya konsultasikan terlebih dahulu langkah pengerjaannya dengan mekanik ahli, misalnya melalui telepon layanan bantuan darurat, agar dapat terselesaikan dengan baik. Namun kalau Anda merasa tidak yakin dan tidak memungkinkan mengatasinya sendiri, Anda dapat minta bantuan teknisi atau bengkel terdekat jika lokasinya masih dalam jangkauan wilayah pelayanan.

Sedangkan untuk kerusakan berat yang mengakibatkan mobil mogok, sebaiknya Anda segera menghubungi layanan bantuan darurat seperti Emergency Roadside Assistance (ERA) AstraWorld di nomor telepon (kode area) 500898 atau bengkel langganan. Bantuan yang diberikan dapat berupa kunjungan teknisi untuk membantu memperbaiki kerusakan di lokasi kejadian, atau layanan derek ke bengkel terdekat jika kerusakan tidak dapat diperbaiki di tempat.

Lain halnya jika kerusakan yang terjadi pada mobil akibat kecelakaan. Langkah pertama yang sebaiknya Anda lakukan adalah menghubungi dan melaporkan kejadian kepada pihak asuransi yang menjamin mobil Anda. Selanjutnya mintalah rujukan bengkel terdekat yang menjadi rekanan asuransi. Apabila mobil sudah rusak parah sehingga tidak bisa jalan sama sekali, mintalah bantuan pihak asuransi atau derek resmi untuk menderek mobil ke bengkel rekanan terdekat.

Agar lebih cepat mendapatkan bantuan saat mengalami kejadian darurat di luar kota, sebaiknya selalu simpan nomor-nomor telpon penting di daftar kontak ponsel atau di dalam mobil.

loading...