Pertapaan Indrokilo Prigen Kabupaten Pasuruan

Pertapaan Indrokilo Prigen Kabupaten Pasuruan

Pertapaan Indrokilo Prigen Kabupaten Pasuruan

Pertapaan Indrokilo merupakan salah satu saksi sejarah perjalanan negeri indonesia ini adalah, letaknya berada di desa Dayurejo Kecamatan Prigen kabupaten Pasuruan. sebuah tempat yang banyak digunakan untuk orang bermeditasi dan "jumeneng" atau "nyepi" yaitu mengasingkan diri dari hal yang berbau duniawi untuk mendekatkan diri kepada sang pencipta. Banyak diceritakan masyarakat sekitar pertapaan ini salah satu pendiri negeri indonesia ini juga sering mendatangi tempat ini semasa hidupnya untuk bermeditasi, beliau adalah sang proklamator kemerdekaan Bung Karno.

Pertapaan Indrokilo Prigen Kabupaten PasuruanMenikmati suasana hening di Pertapaan Indrokilo ini dengan dikelilingi arca-arca yang diperkirakan peninggalan jaman majapahit. selain menggulirkan rasa tenang, juga terselip perasaan takjub dan prihatin, pasalnya tempat yang menjadi saksi sejarah ini dengan nilai seni dari peradaban yang tinggi tampak terlihat kurang terawat, reruntuhan bangunan yang diperkirakan candi tempak hampir di semua tempat di kawaasan ini, Mungkin kita pernah mendengar tentang "Padepokan Gunung Ringgit" dalam cerita-cerita pewayangan, mungkin tempat inilah yang diceritakan.

Pertapaan Indrokilo Prigen Kabupaten PasuruanPertapaan Indrokilo Prigen Kabupaten PasuruanPertapaan Indrokilo Prigen Kabupaten PasuruanPertapaan Indrokilo Prigen Kabupaten PasuruanPertapaan Indrokilo Prigen Kabupaten PasuruanPertapaan Indrokilo Prigen Kabupaten Pasuruan

Candi2 di sini kebanyak memakai gaya Punden Berundak, yang didalamnya ada patung - patung seperti, patung panji, patung suprabawati, patung mintaraga ( arjuna ) dan patung Bathara Guru ( hilang pada zaman Belanda ).yang disayangkan kurangnya penanganan langsung terhadap warisan nenek moyang ini, meski Indrokilo dijadikan Pusat Agama Budha Jawi Wisnu.

Lokasi memang lumayan jauh untuk dijangkau para pengunjung, dengan berjalan kaki, dibutuhkan waktu sekitar 3 jam, dengan kondisi jalan licin bila hujan datang. tapi tak menyurutkan niat pengunjung yang datang. Lokasi : Pertapaan Indrokilo Koordinat : -7.73752-112.63456

Penginapan di Prigen Pasuruan

Pines Garden Resort

Jl. Ijen 5, Tretes, Prigen, Trawas, Indonesia

Royal Senyiur Hotel

Jalan Putuk Truno 208, Prigen, Trawas, Indonesia

Surya Hotel & Cottages Prigen

Jl. Taman Wisata, Prigen, Trawas, Indonesia 67157

loading...