Beriwisata Ke Gunung Penanggungan

Beriwisata Ke Gunung Penanggungan

Beriwisata Ke Gunung Penanggungan Letak gunung berapi tidur ini membelah Kabupaten Pasuruan dan Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, berjarak kurang lebih 25 km dari Surabaya. Secara administrasi Pegunungan Penanggungan masuk ke dalam wilayah Kabupaten Mojokerto Kecamatan Trawas. Gunung Penanggungan berada pada satu kluster dengan Gunung Arjuno dan Gunung Welirang walaupun Gunung Penaggungan tak setinggi gunung-gunung tetangganya.

Gunung Penaggungan dikenal memiliki nilai sejarah tinggi karena di sekujur lerengnya ditemui berbagai peninggalan purbakala, baik candi, pertapaan, maupun petirtaan dari periode Hindu-Buddha di Jawa Timur. Sehingga di masa itu ia dikenal sebagai Gunung Pawitra artinya Gunung kabut.

Beriwisata Ke Gunung Penanggungan Tak mengherankan kiranya apabila Gunung Pawitra telah dimuliakan sejak waktu yang lama. Berdasarkan bukti-bukti sejarah dan peninggalan arkeologi yang ditemukan di lerengnya, diketahui Penanggungan disakralkan sejak abad 10 M. Inkripsi tertua yang ditemukan adalah prasasti suci yang bertanggal 18 September 929 M.

Prasasti itu dikeluarkan oleh Sri Maharaja Rake Hino Pu Sindok (atau dikenal dengan empu sindok) yang memerintahkan agar Desa Cunggrang dijadikan daerah bebas pajak (sima), penghasilan desa itu dipersembahkan bagi pemeliharaan bangunan suci Sanghyang Dharmasrama ing Pawitra dan Sanghyang Prasada Silunglung. Berdasarkan berita prasasti tersebut dapat ditafsirkan, pada masa itu telah terdapat bangunan suci (prasada) dan asrama bagi para pertapa di Pawitra.

Beriwisata Ke Gunung Penanggungan Di Gunung Penaggungan  ditemukan tidak kurang dari 80 kepurbakalaan. Terdapat sekitar 50 monumen berupa punden berundak-undak dengan tiga altar persajian di teras teratasnya. Dinding punden-punden berundak adayang dihias dengan relief centa Sudhamala (kisah ruwat Dewi Durga), Arjunawiwaha (perkawinan Arjuna dengan Bidadari), Panji (kisah roman antara putra mahkota Janggala dan putri Kediri), Ramayana, dan kisah-kisah hewan. Kepurbakalaan lainnya berupa gua-gua pertapaan, deretan anak tangga batu mendaki bukit, area-area, gentong-gentong batu, altar persajian tunggal, batu dihias relief, prasasti, ribuan pecahan gerabah dari berbagai bentuk.

Note :

Koordinat :
7.62°LS 112.63°BT / 7°37′S 112°38′E
Ketinggian :
1.653 meter (5.423 kaki) dpl
Jenis pegunungan :
Stratovolcano

Penginapan Di Trawas Mojokerto Dekat Gunung Penanggungan

Vanda Gardenia Hotel & Resort

Vanda Gardenia Hotel & Resort

New Start Trawas Hotel

New Start Trawas Hotel

Hotel PCP Trawas

Hotel PCP Trawas

Nasta Inn Trawas

Nasta Inn Trawas

Royal Trawas Hotel & Cottages

Royal Trawas Hotel & Cottages

Pines Garden Resort

Pines Garden Resort

Royal Camp & Outbound Trawas

Royal Camp & Outbound Trawas

Country Hotel Trawas

Country Hotel Trawas

Grand Trawas Hotel

Grand Trawas Hotel

loading...
loading...