Pariwisata Pasuruan - The City of Mountain


Berwisata di Pasuruan, berarti memulai rangkaian perjalanan dengan berbagai pesona wisata alam, budaya, sejarah, agrowisata dan berbagai pengembangan obyek wisata dengan skala nasional dan internasional. Tidak berlebihan bila Pasuruan disebut sebagai kota wisata yang dikelilingi keindahan alam pegunungan
Alam Pegunungan Tretes
Terletak di sisi barat Kabupaten Pasuruan dengan ketinggian 2.500 kaki di atas permuakaan air laut. Pesona Tretes tidak bisa dilepaskan dari nuansa kesejukan alamnya yang menyegarkan. Di sini ada dua air terjun Kakek Bodo dan Boto Turno yang eksotis, kompleks wisata alam Tretes juga menjadi palang pintu para pecinta alam dari berbagai penjuru tanah air maupun manca negara menuju puncak Gunung Welirang.
Fasilitas perhotelan melengkapi kenyamanan menikmati wisata alam Tretes. Ada oleh-oleh untuk para wisatawan bila ingin tetap mengenang keindahan wisata alam Tretes. berupa berbagai flora (tanaman) hias nan cantik yang bisa diperoleh dengan mudah di desa Pungaleduk ataupun aneka bunga anggrek yang banyak dikembangkan petani di kawasan Prigen hingga Pandaan.
Kawasan Nangka Jajar, Tutur, Puspo hingga Tosari
Di kawasan Nangka Jajar, Tutur, Puspo hingga Tosari disepanjang jalannya terlihat aneka hamparan sayuran mulai dari kubis, cabe, tomat maupun sayur-mayur lainnya. Andalan agrowisata di daerah ini adalah durian montong dan apel. Pusat perkebunan durian Montong di Desa Ngempal, Kecamatan Nongko Jajar.
Wisata Gunung Bromo-Pananjakan
Meski sebagian kompleks wisata alam Gunung Bromo-Tengger-Semeru (TN BTS) sebagian berada di wilayah kabupaten Probolinggo dan Lumajang, lokasi gardu pandang yang biasa digunakan para wisatawan untuk melihat matahari terbit (puncak gunung pananjakan) terletak di Kabupaten Pasuruan. Jalur mulus menuju kompleks wisata utama TN BTS ini juga tersedia dari arah kota Pasuruan.
Pemandian Alam Banyu Biru
Bila sudah puas menikmati keindahan Gunung Bromo, wisatawan yang letih dan ingin kembali bugar disarankan untuk menikmati kejernihan pemandian alam Banyu Biru (dulu diberi nama Telaga Wilis, red). Air pemandian yang berasal dari sumber pegunungan ini memiliki mitos bisa membuat orang awet muda serta mendatangkan berkah. Tak heran jika tiap malam Jumat legi, banyak ditemukan masyarakat yang nekat berendam di telaga wilis hingga dinihari meski suhunya sangat teramat dingin.
Wisata air Ranu Grati
Masih ada lagi objek wisata yang tak kalah menarik. Yaitu wisata air Ranu Grati di Desa Ranu Klindungan dan Bandiran, Kecamatan Grati. Danau alamiah seluas 197 hektare persegi ini tidak hanya menjadi ikon wisata air paling digemari di Kabupaten Pasuruan. Tapi juga menjadi pusat budi daya ikan air tawar dengan sistem keramba atom. Wisatawan bisa saja belanja langsung air segar atau sekadar melewatkan hobby mancing di kedua tempat ini.
Wisata Konservasi flora dan fauna
Dua objek wisata yang tak kalah menarik minat para wisatawan membanjiri Kabupaten Pasuruan adalah wisata konservasi flora dan fauna yang bersakala nasional bernama Taman Safari Indonesia (TSI) dan Kebun Raya Purwodadi. Bila Tretes lebih terkenal dengan objek wisata peristirahatan berhawa sejuk di lereng Arjuno, maka kedua areal konservasi berbagai jenis flora dan fauna langka ini tidak hanya cocok menjadi objek kunjungan wisata keluarga, tapi juga bisa dimanfaatkan untuk ajang loksi studi tour, research maupun kegiatan outbound dan semacamnya.
Salam Damai
loading...