Pilih Hotel dan Wisata Luar Negeri

Kebutuhan mobilitas warga Indonesia ke luar negeri diakui memang makin meningkat dari tahun ke tahun, baik untuk kepentingan bisnis, pendidikan, medis, maupun untuk sekedar berlibur. Hal ini terbukti dengan makin banyaknya warga Indonesia yang memiliki paspor (di samping prosedur untuk membuat paspor dan visa yang saat ini makin mudah dan cepat) dan banyaknya penerbangan murah ke luar negeri.

Tours & activities by personal from ViatorPada dasarnya bepergian baik ke luar negeri maupun dalam negeri hampir sama. Perbedaannya hanya pada proses imigrasi dan bea cukai saja. Biasanya proses ini yang menjadi keraguan bagi yang pertama kali ke luar negeri. Belum lagi dengan peraturan visa yang berbeda di tiap negara tujuan atau cara pengurusan visa yang ribet dan ketentuan lainnya. Jika Anda hendak ke luar negeri untuk berlibur atau wisata pertama kali ada baiknya baca tips bepergian ke luar negeri berikut ini.

Pilih Negara Bebas Visa

Biaya pembuatan visa memang bisa menguras anggaran berwisata. Contoh saja untuk visa ke Jepang, wisatawan asal Indonesia harus merogoh kocek sebesar Rp 300.000,-. Nah, triknya adalah mengunjungi negara-negara bebas visa. Bagi warga negara Indonesia, ada beberapa negara yang bebas visa. Negara-negara masuk dalam ASEAN, kecuali Myanmar, merupakan negara bebas visa bagi WNI. Maroko, Makau, dan Hongkong, juga menerapkan bebas visa bagi WNI. Berikut 53 daftar negara yang membebaskan Visa bagi warga negara Indoneisa :

Pilih Wisata Luar Neger

Daftar Negara Bebas Visa Untuk Indonesia

  1. Brunei Darussalam (14 hari/masa berlaku paspor minimal 6 bulan)
  2. Kamboja (30 hari/masa berlaku paspor minimal 6 bulan)
  3. Chili (90 hari)
  4. Kolombia (180 hari)
  5. Republik Dominika (21 hari)
  6. Ekuador (90 hari/masa berlaku paspor minimal 6 bulan)
  7. Fiji (4 bulan)
  8. Gambia (90 hari)
  9. Haiti (3 bulan)
  10. Laos (30 hari/masa berlaku paspor minimal 6 bulan)
  11. Malaysia (30 hari/masa berlaku paspor minimal 6 bulan)
  12. Micronesia (30 hari/masa berlaku paspor minimal 120 hari)
  13. Maroko (3 bulan)
  14. Peru (183 hari)
  15. Filipina (30 hari)
  16. Saint Vincent and the Grenadines (30 hari)
  17. Singapura (30 hari/masa berlaku paspor minimal 6 bulan)
  18. Thailand (30 hari/masa berlaku paspor minimal 6 bulan)
  19. Vietnam (30 hari/masa berlaku paspor minimal 6 bulan)

Pilih waktu yang tepat untuk berlibur

Bisa dibilang setiap destinasi wisata di dunia memiliki musim padat kunjungan yang berbeda-beda. Ini adalah waktu yang tepat untuk berlibur musim dingin atau akhir tahun. Walaupun termasuk musim padat kunjungan, Anda harus bisa membuat liburan menjadi nyaman terutama untuk si kecil. Ajak ia ke taman-taman wisata yang diperuntukkan bagi anak-anak.

Jika saat musim kemarau pada sekitar bulan Juni-Agustus cocok untuk ke  kawasan tropikal bernuansa pantai, maka sekarang saat yang tepat menikmati resor ski bersalju pada bulan November dan Desember.

AMSTERDAMPilih Hotel via Internet

Urusan pemesanan hotel bisa Anda cari lewat internet. Beberapa situs menjual vocer diskon hotel. Dengan vocer ini, Anda bisa menghemat hingga 50 persen. Pintar-pintar saja mencari yang sesuai destinasi incaran Anda.

Beberapa situs khusus pemesanan hotel juga bisa menjadi pilihan Anda untuk menghemat sebagai contoh situs booking hotel online agoda. Sebab situs tersebut biasanya menjual dengan tarif khusus untuk agen wisata. Pilihan lain adalah situs yang memberikan alternatif penginapan di rumah pribadi maupun apartemen.

Pilih Wisata Paketan

Coba cek di biro perjalanan wisata online maupun konvensional di destinasi setempat ataupun di Indonesia. Biasanya biro perjalanan wisata menjual paketan berupa tiket pesawat, hotel, dan rental mobil sebagai contoh situs Tours dan Actievities  Viator.

Jangan salah, seringkali membeli paketan malah lebih murah dibanding Anda belinya secara lepasan. Bisa juga cek maskapai, karena saat ini maskapai banyak yang menjual paket antara tiket pesawat dan hotel.

agoda   viator   

Bijaksanalah saat berbelanja

Seringkali seseorang sudah mampu menghemat biaya tiket pesawat dengan membeli tiket promo, hotel dengan harga miring, serta transportasi lokal. Namun anggaran berwisata tetap bengkak karena tanpa sadar kalap saat berbelanja.

Apalagi jika tergiur dengan harga diskon dan pemikiran "kapan lagi bisa dapat barang ini". Pastikan Anda membuat anggaran tersendiri untuk berbelanja dan janganlah berbelanja di atas anggaran tersebut.

Jika ada barang yang Anda incar tetapi uang yang Anda anggarkan untuk berbelanja sudah habis, maka Anda bisa menggunakan kartu kredit. Dengan menggunakan kartu kredit untuk transaksi sehari-hari Anda saat liburan, Anda bisa memaksimalkan penggunaan cash back-nya. Lebih hemat, bukan?  Lalu, hati-hati pula saat berbelanja oleh-oleh. Buat daftar sejak awal siapa saja yang memang akan Anda belikan oleh-oleh .

Sumber : pilihhotelmurah.com

loading...