KEN DEDES - PRADNYA PARAMITHA

KENDEDES di arcakan sebagai PRADNYA PARAMITHA

KEN DEDES - PRADNYA PARAMITHA

Dari beberapa koleksi foto arca PRADNYA PARAMITHA peninggalan beberapa kerajaan di Nusantara, saya simpulkan bahwa peninggalan Kerajaan Singhasari yang paling indah. Dalam prasasti telah disebutkan bahwa arca tersebut adalah Prameswari Singhasari : KENDEDES yang di arcakan sebagai sang PRADNYA PARAMITHA. Hebatnya setelah saya telusuri ada beberapa arca dari era yang sama, material pembuatan dan teknik ukirnya. Saya jadi beranalisa, jangan2 KENDEDES memanggil beberapa Mpu Ukir untuk mengabadikan dirinya dalam bentuk arca.

Arca yang paling indah pada masa penjajahan Belanda telah diambil dan dibawa ke Museum Leiden. Sedangkan yang lainnya ada di Museum Nasional (Museum Gajah) di Jakarta. Banyak para arkeolog dan budayawan menangisi kehilangannya, tapi aku mencoba menghadirkannya dalam bentuk lain kali ini.

Foto yang saya dapat kemudian saya warnai secara digital sesuai karakternya ... ASTAGA ... KENDEDES ternyata cantik sekali, pantas pada waktu itu menjadi rebutan. Yang memukau juga adalah ragam perhiasan yang dikenakannya, diukir sangat rumit dan detail hingga relung terdalam. Suatu hal yang sangat sulit dilakukan oleh seniman ukir era saat ini sekalipun, mengingat materialnya dipilih dari batu keras. Manik2 kalung dan hiasan begitu sempurna, tentunya sebagai upaya sang Mpu Ukir menunjukkan kepada kita anak keturunannya : Bahwa leluhur kita CANTIK dan KAYA RAYA. Maka tidak ada alasan bagi kita merasa rendah diri sebagai bangsa ... lihat betapa eloknya ... lihat betapa agung dan tingginya budaya yang pernah kita miliki.

JANGAN MENANGIS INDONESIA ... BUDAYA ITU KITA YANG PUNYA ...

TAK AKAN BISA MEREKA MEREBUT ... BAKAT & KELUHURAN MILIK KITA ...

CIPTAKAN KEINDAHAN LAIN YANG KAMU BISA ...

SEBAB ITU YANG PERNAH DIAJARKAN OLEH LELUHUR KITA ...

Didedikasikan bagi segenap leluhur SINGHASARI

Penulis : Dedy Endarto

loading...