Wisata ke Bromo Jalur Akses Ranu Pani Senduro Kabupaten Lumajang

Catatan :
Sesuai dengan wisatanya petualang, maka jalur akses ini perlu persiapan yang matang baik kendaraan maupun orangnya serta perbekalannya.
Wisata ke Bromo Jalur Akses Ranu Pani Senduro Kabupaten LumajangSeputar-Pasuruan -
Jalur akses wilayah Kabupaten Lumajang ini lebih sering digunakan bagi mereka yang mempunyai tujuan pendakian ke gunung Semeru, sedangkan ke Bromo adalah tujuan tambahan. Bagi mereka yang membawa kendaraan pribadi, bisa langsung menuju Kecamatan Senduro (20 km arah barat Ibu Kota Lumajang ), perjalanan menuju Senduro ada tempat wisata yang layak juga di kunjungi yaitu Pemandian Alam Selokambang, ticket masuknya sangat terjangkau dan makanannya juga standart, setelah puas di Pemandian Alam Selokambang anda bisa melanjutkan perjalanan menuju Senduro.
Bila anda sudah sore sampai di Senduro, lebih baik cari home stay ( rumah penduduk yang disewakan ) atau Hotel ( hanya ada Hotel dan fasilitasnya juga terbatas ). anda bisa beristirahat sambil jalan jalan melihat obyek wisata religi yaitu Pura Mandara Giri ( biasanya hari hari tertentu ramai karena ada orang Hindu Bali yang melakukan persembahyangan ), ada juga pasar tradisonal yang menjual Pisang Agung khas Lumajang ( Senduro adalah penghasil Pisang Agung ).
Wisata ke Bromo Jalur Akses Ranu Pani Senduro Kabupaten Lumajang
Baru pagi harinya dari Senduro ini, bisa melanjutkan perjalanan ke Ranu Pani serta akan melewati kawasan hutan Ireng ireng dan di sini harus ekstra hati hati karena jalannya sempit , licin dan agak gelap karena rimbunnya hutan. Di Ranu Pani inilah anda bisa melakukan pendakian ke Gunung Semeru . Tetapi bila hanya ingin ke Bromo maka anda harus melanjutkan perjalanan menuju Njemplang (pertigaan yang mempertemukan akses Lumajang dan Akses Malang). Dari Njemplang anda melewati jalan tanah yang menurun, sekali lagi anda harus ekstra hati hati karena jalannya hanya pas untuk satu kendaraan serta medan yang sangat berat setelah itu sampailah di lautan pasir bromo sebelah selatan ( padang ilalang ) atau lebih dikenal dengan Watu Kutho. dan pastikan bahwa kendaraan yang anda bawa ada fasilitas 4 x 4 nya serta bahan bakarnya sudah anda full tank kalau tidak jangan coba coba kalau anda tidak ingin mendapatkan masalah (tidak ada satupun orang jual makanan apalagi bahan bakar).
Wisata ke Bromo Jalur Akses Ranu Pani Senduro Kabupaten Lumajang
Satu lagi yang perlu diingat apabila musim kemarau jangan sekali kali membuang puntung rokok di areal Watu Kutho, ilalang keringnya sangat mudah terbakar. Setelah melewati Watu Kutho barulah sampai di Poten ( tempat pujan pada upacara Kasodo / ujian Mulenen Dukun Adat ) lautan Pasir tempat memarkir kendaraan setelah itu bisa naik menuju bibir tangga gunung Bromo ( bisa jalan kaki / naik kuda ). Untuk kembali lebih baik anda keluar melalui Cemoro lawang Probolinggo atau Ndingklik Wonokitri / Tosari Kabupaten Pasuruan.
Sedang bagi anda yang memakai kendaraan umum, anda bisa naik angkutan umum (bison) menuju Kecamatan Senduro, dari Senduro menuju Ranu Pani tidak ada angkutan umum yang ada hanya mobil jenis jeep kanvas ( terbuka yang biasanya digunakan oleh orang Ranu Pani untuk mengangkut hasil sayur mayurnya).
Jalur Akses Wisata ke Bromo selain Lumajang bisa juga Melalui Pasuruan dan Probolinggo.
loading...